Welcome to Athena Corner

Welcome to Athena Corner. Feel free to comment, ask and suggestion about us.

Saturday, September 22, 2012

KAV Puncaki Pengujian Terberat AV-Comparatives

| Ditulis oleh Indah Puspita M |

altKaspersky Anti-Virus (KAV) 2012 mendapatkan hasil tertinggi dalam pengujian terbaru oleh lab pengujian AV-Comparatives.
Pengujian Retrospective/Proactive itu dimulai pada bulan Maret 2012 dan selesai pada bulan Juli lalu.
Antivirus yang diuji pun ditempatkan dalam lingkungan yang sangat rumit. Tanpa update database dan tanpa akses ke teknologi awan (cloud). Jadi, keberhasilan dalam pengujian ini sangat bergantung pada teknik perlindungan proaktif. 
Dalam menghadapi tantangan dan pengujian ketat ini, KAV 2012 meraih tempat pertama setelah berhasil mendeteksi 97 persen program berbahaya. Dengan demikian, secara otomatis  KAV berhasil melampaui persyaratan dalam penghargaan Advanced+.
Dalam pengujian ini, update database ke-17 solusi keamanan yang diuji dibekukan dan komputer pengujian tidak terkoneksi Internet. Selanjutnya, masing-masing solusi keamanan diperintahkan untuk men-scan materi pengujian yaitu 4.138 sampel berbahaya, di mana sampel-sampel ini diambil setelah pembekuan update.
Karena solusi yang diuji tidak bisa mendapatkan informasi mengenai sampel terbaru dari database paling update atau jaringan keamanan berbasis cloud, solusi-solusi ini harus bergantung pada teknologi proaktif atau heuristik.
Pengujian Retrospective oleh AV-Comparatives tahun ini juga mengalami peningkatan penting dalam hal metodologinya. Produk-produk yang diuji diberi “kesempatan kedua” untuk mendeteksi program berbahaya yang tak terdeteksi pada saat on-demand scan awal. Tiap sampel dieksekusi secara manual, sehingga solusi keamanan memiliki kesempatan untuk memblokirnya berdasarkan perilaku berbahaya program tersebut.
Saat pengkonfirmasian hasil pengujian, Kaspersky Anti-Virus 2012 berhasil memblokir 90 persen aplikasi berbahaya pada saat on-demand scanning reguler. Pengujian berikutnya memperlihatkan malware yang diblokir bertambah 7 persen, sehingga skor akhirnya adalah 97 persen, dengan beberapa alarm palsu (false). Hasil ini juga lebih tinggi dibandingkan industri pada umumnya, 87 persen diantara 11 solusi yang berhak atas penghargaan Advanced+.

No comments:

Post a Comment